Ini Dia! 10 Manfaat Pelukan Bagi Tubuh

Ini Dia! 10 Manfaat Pelukan Bagi Tubuh - Memang pada faktanya tak ada yang lebih nyaman daripada pelukan hangat dari orang yang kita sayangi, entah berdekapan drngan pasangan hidup ataupun drngan sahabat dan orang tua. Karena pada dasarnya pelukan dapat membuat kita merasakan kehangatan dan kelembutan. 


Ini Dia! 10 Manfaat Pelukan Bagi Tubuh


Tahukah ga sih guys? Bahwa di samping membuat kita merasa dilindungi dan dicintai, pelukan yang tulus dari seseorang dapat berpengaruh pada kesehatan kita. Pelukan yang erat, pelukan dari samping, atau sekedar rangkulan, dan semuanya mempunyai alasan mengapa kita harus harus memberikan banyak pelukan. Dan berikut 10 Manfaat pelukan : 


1. Merangsang kinerja hormon

Pelukan dapat dapat merangsang kinerja hormon yang baik, hormon oksitosin dan seretonin itulah yang membuat anda menjadi merasa tenang, bahagia, dan menjauhkan perasaan kesepian.


2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Dan ternyata guys Hormon oksitosin bukan hanya membuat anda merasa baik, tetapi hormon oksitosin juga bisa menyehatkan fisik anda. Hal ini dikarenakan ketika seseorang menyentuh anda, sensasi pada kulit akan mengaktifkan reseptor tekanan yang disebut sel sel Pacinian. Dan sinyal sentuhan kemudian akan dikirimnya menuju saraf vagus, lalu bagian otak yang diantaranya akan bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah.


3. Bermanfaat bagi jantung


Dalam suatu penelitian yang dilakukan di University of North Carolina, partisipan yang tidak melakukan kontak dengan pasangan mereka, detak jantungnya akan lebih cepat dibandingkan mereka yang memeluk pasangannya selama penelitian ini.


4. Menyeimbangkan pikiran


Pelukan dapat menyeimbangkan kondisi kejiwaan. Hal ini dikarenakan respons dari rangsangan antar kulit yang terjadi antara dua orang saat berpelukan mengantarkan kelembapan dan reaksi listrik di kulit, yang akhirnya akan menjadikan kondisi mental menjadi lebih seimbang.


5. Pelepas Stres Alami


Pernah ga sih guys kalian merasa tertekan akibat stres berat?
Perlu anda ketahui guys, ketika anda mendekap seseorang anda langsung bisa menurunkan sejumlah hormon kortisol (penyebab stres) yang ada di dalam tubuh. Dan pelukan yang erta juga bisa melepaskan ketegangan tubuh dengan mengirimkan sinyal ketenangan menuju otak anda. Jadi segeralah mencari orang yang bisa anda peluk senyaman mungkin ya guys hhehe.


6. Meningkatkan rasa percaya diri


Orang yang tumbuh dalam lingkungan yang dimana bagi keluarganya bahwa pelukan merupakan hal yang penting karena pada biasanya akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan mereka pun akan terbiasa untuk merasa berharga dan dicintai. Oleh karena itu pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri


7. Menyeimbangkan pikiran


Kenapa bisa? Hal ini dikarenaan respons dari rangsangan antarkulit yang terjadi antara dua orang saat berpelukan akan mengantarkan kelembapan dan reaksi listrik di kulit, yang pada akhirnya akan menjadikan kondisi mental menjadi lebih seimbang.


8. Satu pelukan bisa setara dengan meditasi


Karna dengan berpelukan, anda tak usah mengeluarkan banyak uang untuk mendaftar kelas yoga dan meditasi.
Masa sih? 
Hal ini dikarenakan pelukan akan mengajarkan seseorang untuk melepaskan segala beban dan masalah yang sedang dihadapi dan akan membuat seseorang mengalir bersama energi kehidupan. 


9. Membuka jalur komunikasi


Sebuah pelukan akan menjadi obat yang manjur untuk mengembalikan suasana setelah anda dan pasangan berbaikan. Oleh karena itu pelukan bisa membuka jalur komunikasi dan ketegangan dala hubungan.


10. Meningkatkan keterikatan emosi dan spiritual dengan pasangan
"Pelukan akan memaksa anda berinteraksi secara fisik" Ujar Babble. 
Oleh karena itu anda dan orang yang anda peluk akan merasakan keterikatan emosi dan spiritual. Dan ini sangat penting untuk menjaga kualitas hubungan pasangan suami-istri.



Karna pada dasarnya manusia memang terlahir dengan kebutuhan akan sentuhan. Oleh karena itu kita akan selalu butuh akan manfaat pelukan nyaman seraya kita menjalani hidup yang penuh akan tentangan dan tantangan. Entah itu dari keluarga, sahabat, atau seorang teman hidup. Setelah anda mengetahui tentang 10 Manfaat Pelukan Bagi Tubuh, ketahui juga yu Tips Ampuh Cara Merawat Wajah Agar Tetap Tampil Bersih & Sehat dan juga 10  Manfaat Luar Biasa TIdur Tanpa Pakaian. Semoga bermanfaat, dan sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya. Terima Kasih 

0 Response to "Ini Dia! 10 Manfaat Pelukan Bagi Tubuh"

Posting Komentar

wdcfawqafwef