Sering Mandi Malam Bisa Rematik, Mitos atau Fakta Sih?

Sering Mandi Malam Bisa Rematik, Mitos atau Fakta Sih? - Keyakinan banyak orang yang bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik yang didasarkan pengalaman dan testimoni banyak orang yang memang lebih dulu mengalaminya.
"Jangan dibiasain mandi malam, nanti kena rematik lho"
Begitulah guys pesan yang memang sering disampaikan oleh orang tua zaman dahulu. Mereka pun membandingkan mana yang sering mandi malam dan mana yang tidak. Yaaa jadi kesimpulan saat ini adalah bagi mereka yang sering mandi malam akan lebih cepat terkena rematik daripada yang tidak.


Sering Mandi Malam Bisa Rematik, Mitos atau Fakta Sih


Banyak keluhan seputar rematik ini yang memang selalu dikait kaitkan dengan kebiasaan seseorang yang juga kebetulah suka mandi malam. Dan pada kesempatan kali ini saya akan coba mencari tau tentang kebenaran fakta atau hanya sekedar mitos seputar rematik.


Soal sepele ya gabisa disepelein lagi jika sudah menguasai keyakinan seseorang. Karena para ahli meyakini bahwa biang kerok dari nyeri sendi pada usia lanjut adalah asam urat. Yaaa kalo boleh jujur, sebenarnya asam urat itu tidak terdapat pada air mandi guys. Lagipula kan bila menyiramkan air ke tubuh pada malam hari, kalian tidak akan kenapa napa ko, kecuali basah dan dingin.  
"Apakah benar kalo kedua hal ini akan memicu rematik pada suatu hari nanti?"
Gini ya guys, kebanyakan dari mereka yang sudah berusia lanjur atau biasa disingkat lansia akan mengalami rematik. Namun perbedaannya hanya pada waktu, ada yang cepat dan ada juga yang lama. Tapi tidak bisa dipungkiri juga kalo di usia kita saat ini juga bisa mengalami hal tersebut. Dan ternyata guys asupan makanan juga bisa menjadi faktor penting munculnya keluhan sendi . Karna hampir semua produk makanan, terkecuali buah buahan bisa beresiko meningkatkan level asam urat dalam darah.


Sebenarna guys mandi malam itu tidak menyebabkan rematik, tetapi mandi malam bisa memperberat keluhan orang yang sedang nyeri rematik. Artinya guys, bagi mereka yang ternyata sudah menderita rematik, sangat tidak dianjurkan untuk mandi pada malam hari. Yaaa kalaupun memang ingin mandi, dianjurkan untuk mandi dengan air hangat.


Hal ini dikarenakan rasa dingin akan memperberat nyeri sendi, dan ini juga tentu bukan sesuatu yang diharapkan kan guys? Dan bagi mereka yang belum mengalami nyeri rematik, ada baiknya bagi anda untuk mulai menjaga asupan makanan dan memperbanyak minum air putih. Karna kita tentu akan sulit menghindari kandungan purin dalam makanan, padahal kan semua produk makanan yang mengantung protein sudah pasti mengandung purin. 


Tetapi guys, jika kita kurang mengkomsumsi protein, maka tubuh kita juga akan terasa lemas dan kurang sehat. Tetapi jika kita terlalu banyak mengkomsumsi protein juga akan lebih banyak terdapat asam urat dalam darah kita. Memang saat di usia muda, hal itu tidak terlalu mengganggu. Tapi di saat usia tua hal itu justru sangant mengganggu.



Bila mandi malam bisa memicu penuaan dini. Hal ini dikarenakan pada saat dingin, tubuh akan mengalami keadaan stres. Dan ia akan meningkatkan metabolismenya agar temperatur tubuh tetap normal dan meningkatkan alirah darahnya (vasokonstriksi) untuk menyuplai oksgen ke seluruh tubuhnya. Ya akibatnya tubuh akan membutuhkan lebih banyak kalori dan oksigen. Bila ingin mencukupi kebutuhan kalori, maka dibutuhkan asupan kalori yang lebih banyak dengan cara menimbulkan rasa lapar dan lapar guys. Dan kalau untuk mencukupi kebutuhan oksigennya, orang tersebut akan bernafas lebih cepat.


Yaaa walaupun makanan dan hasil metabolisme dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan, tetapi akan cenderung menumpuk hasil metabolit berupa oksidan dalam tubuh. Dan jika hal itu terjadi bertahun tahun guys, maka orang orang tersebut akan mengalami gejala seperti layaknya orang sudah tua. Dan gejala umum yang terjadi adalah nyeri sendi. Tapi ingat guys, ini bukanlah satu satunya kemungkinan penyebabnya. Karena selain itu kita juga harus memperhatikan tentang pekerjaan, kebiasaan kita, penyakit lain, apakah faktor keturunan, kondisi psikologis, bisa saja faktor eksternal seperti polusi, makanan, radiasi, tingkat kelembapan, ataupun sebagainya guys.
"Apakah ada tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari nyeri rematik tersebut?" 
Tenang guys, ada juga beberapa langkah yang mungkin bisa lakukan sehari hari, seperti :


1. Usahakan untuk selalu mengutamakan banyak makan sayuran dan buah buahan yang kaya akan antioksidan. Karena ini akan membantu mencegah penuaan dini guys. Dan anda juga bisa mengkomsumsinya dengan cara memasakan terlebih dahulu atau dikomsumsi dalam bentuk jus.


2. Cukupi kebutuhan karbohidrat, dengan cara mengutamakan sumber dari padi padi, gandum, ubi, jagung, dan sagu. Bila untuk memenuhi protein, adan juga bisa mengkomsumsi susu dan telur.

3. Banyak mengkomsumsi Vitamin C sekitar 1000mg/hari. Tetapi bisa lebih baik lagi bila kita mengkombinasikannya dengan vitamin E 600-800mg/hari.

4. Mengontrol asupan makan, dan dianjurkan untuk berpuasa.


5. Tidak mengkomsumsi minuman - minuman bersoda. Hal ini dikarenakan minuman bersoda akan meningkatkan pelepasan kalsium dari tulang. Dan pada gilirannya akan memperberat kerja ginjal dan membuat tulang rapuh.


6. Daripada meminum minuman bersoda, lebih baik kita banyak meminum air putih. Karena hasil metabolisme purin asam urat akan disekresikan melalui urin.


7. Hindari untuk mandi malam hari. Ya kalaupun memang harus mandi di malam hari, dianjurkan untuk mandi dengan air hangat. Prinsipnya hindari kondisi kedinginan. Tetapi kalau tubuh anda mampu melawan rasa dingin (itupun ada latihan sebelumnya) mungkin juga bisa dikecualikan. Karena pada dasarnya mandi dengan air dingin tidak dianjurkan, ya kecuali bagi yang usianya masih muda karena dipercaya air dingin cocok untuk mengusir rasa malas.



Jadi kesimpulannya guys kalo "Mandi malam enggak masalah. Itu hanya mitos," seperti kata Handono Kalim seorang dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan reumatologi, di Jakarta, Jumat (24/10/2014).  Sekian artikel tentang Sering Mandi Malam Bisa RematikSemoga bermanfaat ya guys, sampai bertemu di artikel selanjutnya. Terima kasih 

0 Response to "Sering Mandi Malam Bisa Rematik, Mitos atau Fakta Sih?"

Posting Komentar

wdcfawqafwef