Normalkah Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Mari Kita Ungkap Bersama

Normalkah Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Mari Kita Ungkap Bersama - Hamil dan melahirkan tentunya merupakan salah satu hal yang paling membanggakan bagi para wanita yang sudah menikah. Tetapi ketika sesudah sukses melahiran akan ada masalah yan sering dihadapi oleh para ibu. Dan salah satunya adalah rambut rontok setelah melahirkan. Bagi para ibu yang belum mengetahuinya, hal seperti ini tentu akan dapat membuatnya khawatir dengan adanya hal itu.

Normalkah Rambut Rontok Setelah Melahirkan Mari Kita Ungkap Bersama


Sebenernya sih bu rambut rontok yang berlebihan masih suatu hal wajar yang sering dialami oleh para ibu setelah melahirkan. Adanya perubahan hormonal dan fisik menjadi penyebab terjadinya rambut rontok. Tapi buuu kedua perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada saat hamil saja, tetapi juga akan berkelanjutan yaaa selama tiga sampe enam bulan kedepanan lah. Dan salah satu efek samping dari perubahan tersebut yaitu rambut rontok yang berlebihan ketika menyisir rambut ataupun keramas.

"Sekitar 50% wanita hammil dan setelah melahirkan akan mengalami kerontokan rambut" Ujar Philip Kingsley seorang ahli kesehatan rambut dari Inggris.

Terus apasih yang bisa menyebabkan rambut rontok ketika sudah melahirkan?


Normalnya siklus pertumbuhan rambut dapat dibedakan dalam dua fase. Yaitu fase pertumbuhan dan fase istirahat. Pada fase pertumbuhan berlangsung selama 3 tahun dan fase istirahat cuma berlangsung 3 bulan. Tapi durasi kaya gitu sangat berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Pada umumnya sih 85 sampe 95% mah rambut masih dalam fase pertumbuhan.

Ketika fase istirahat rambut kita akan berada difolikel rambutsampai akhirnya rambut tersebut akan didorong keluar oleh rambut yang baru tumbuh. Tapi sih selama masa kehamilan berlangsung, hormon akan merangsang pertumbuhan dari rambut sendiri. Puncaknya terjadi pada saat melahirkan. Karena ketika sudah melahirkan rambut akan masuk pada fase istirahat dan pada akhirnya rambut tersebut akan terdorong keluar selama tiga sampai enam bulan sesudah melahirkan. Tidak hanya dari faktor hormonal, stres dan kelelahan juga bisa saja jadi penyebab rambut rontok sesudah melahirkan.

Mari kita mengenal kondisi rambut rontok ketika sudah melahirkan

Telogen effluvium adalah istilah yang biasa disebut dari rambut rontok berlebihan yang terjadi ketika sudah melahirkan. Yaaa walapun masih dibilang normal, tetapi menurut American Hair Loss Association, rambut rontok yang berlebihan juga harus mendapatkan perawatan khusus.

"Salah satu cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan adalah dengan meminum air putih secara teratur, menghindari paparan suhu panas seperti mencatok dan hairdryer, mengkomsumsi makanan makanan yang kaya aka proterin serta juga mengkomsumsi buah dan juga sayur." Seperti yang telah dinyatakan oleh Dr Robert Leonard, FAACS, Founder dan Chief Surgeon di Leonard Hair Transplant Associates

Bukan hanya itu saja bu, Dr Leonard juga sangat menganjurkan untuk rajin menggunakan hairtonik untuk merangsang pertumbuhan dan regenerasi rambut. Karna kalo untuk mengomsumsi suplemen sebaiknya harus dikonsultasian dahulu pada dokter agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan juga tidak menggganggu kesehatan tubuh lainnya.

0 Response to "Normalkah Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Mari Kita Ungkap Bersama"

Posting Komentar

wdcfawqafwef