Ini Dia! 7 Efek Samping Softlens Bagi Kesehatan Mata

Ini Dia! 7 Efek Samping Softlens Bagi Kesehatan Mata - Di zaman yang semakin berkembang ini, makin banyak diciptakan penyempurnaan alat untuk membantu kehidupan manusia, terutama pada dunia fashion dan kesehatan dan contohnya softlens. Kontak lensa atau yang sering disebut dengan softlens adalah sejenis pengganti kacamata minus atau plus yang sangat praktis dan efisien. Sehingga dapat membantu para penderita rabun jauh atau rabun dekat agar tidak telalu terpaku pada kacamata sebagai alat bantu melihat. Sedangkat bagi dunia fashion, pengunaan softlens biasanya di pakai hanya untuk merubah warna lensa mata sesuai dengan keinginan mereka. 


Ini Dia! 7 Efek Samping Softlens Bagi Kesehatan Mata



Guys, seperti yang anda ketahui setiap alat atau semua hal di dunia ini pasti mempunyai efek positif dan efek negatifnya, yaaa begitu pula dengan penggunaan softlens bagi kesehatan. Berikut beberapa gangguan dan masalah yang dapat ditimbulkan dari penggunaannya pada mata :


1. Infeksi Pada Kornea


Infeksi ini biasanya disebabkan karena adanya kuman, virus dan jamun serta infeksi juga dapat terjadi pada kornea mata. Kurangnya kebersihan pada softlens menjadi salah satu penyebab dari infeksi kornea ini. Bagi anda pengguna softlens sebaiknya selalu menjaga kebersihan lensa yang akan anda gunakan supaya tidak dapat di tumbuhi oleh beberapa macam kuman, bakteri dan jamur pada lensa.


2. Noda Pada Kornea


Noda pada kornea dapat juga terjadi saant penggunaan softlens yang ketat pada mata. Sehingga menyebabkan mata anda menjadi alergi dan kekurangan oksigen. Selain dari itu, akan timbul juga noda pada kornea mata dan mata akan lebih sensitive terhadap cahaya.


3. Iritasi Pada Mata


Guys, penggunaan softlens secara terus menerus dan ditambah dengan kurangnya perawatan pada softlens yang digunakan dan juga debu dapat berakibat fatal, contohnya iritasi pada mata. Yaaa sebaiknya untuk menghindari iritasi pada mata anda dapat melakukan dengan selalu menjaga kebersihan lensa dan jangan pernah membiarkan sampai lensa tersebut kering. Cuci lensa dengan menggunakan cairan khusus serta ada baiknya untuk selalu membawa obat tetes mata khusus bagi anda pengguna softlens, hal ini bertujuan untuk membersihkan debu penyebab iritasi mata.


4. Hypoxia


Hypoxia merupakan keadaan dimana ukuran softlens bisa terlalu besar atau terlalu kecil sehingga menimbulkan ketidak nyamanan saat digunakan. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya kesalahan saat memilih softlens. Ada baiknya bila kita ingin memilih softlens, anda harus mengetahui terlebih dahulu kadar air mata sesuai dengan lensa yang akan dipakai. Bila memiliki kadar air mata yang lumayan banyak, maka gunakanlah lensa yang memiliki kadar air sedikit.


5. Blepharitis


Guys, perlu anda ketahui bahwa tidak semua orang cocok dengan softlens yang digunakan, karna akan menimbulkan beberapa macam gangguan pada mata seperti inflamasi pada kelopak mata. Dan gejala fatal yang ditimbulkan dari penyakit blepharitis adalah suatu kondisi dimana kornea serasa terbakar, ditambah munculnya kerak pada kelopak mata dan pembuluh darah di sekitar bola mata akan tampak lebih jelas, idiiih ngeri banget kan guys. Dan untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan cara mengkompres mata menggunakan air hangat dan memeriksanya ke dokter mata agar mendapatkan penangan yang lebih baik.


6. Edema


Edema ini merupakan penyakit pada mata yang menyebabkan mata anda menjadi merah dan berair pada saat melepas lensa pada mata serta pembuluh darah. Karena eh karena, hal ini disebabkan karena mata yang kekurangan oksigen dan kelelahan sehingga mengakibatkan pandangan menjadi kabur entah kemana. Sebaiknya saat kondisi seperti ini, berhentilah dalam menggunakan softlen mulai dari sekarang dan istirahatkan mata anda supaya mendapatkan oksigen serta kembali menjadi fresh. Atau bisa juga untuk mengkonsultasikannya segera ke dokter.


7. Softlen Rusak


Perlu anda ketahui guys, saat kita tidur sangat tidak dianjurkan untuk tidak menggunakan softlens. Sebab, softlens yang digunakan bisa saja terkoyak atau sobek dalam mata, sehingga tidak nyaman dan bisa menimbulkan gangguan gangguan pata mata. "Kenapa softlens bisa terkoyak kalo lagi tidur?" Hal ini bisa terjadi karena saat kita tidur softlens mengalami kekurangan oksigen dan mudah bergerak gerak di dalam mata, sehingga si softlens bisa menjadi pecah dan terkoyak. Selain itu saat melepasnya pun softlens bisa saja terkoyak. Sebaiknya anda gunakan obat tetes khusus softlens sebelum melepasnya dalam mata.



Nah guys, begitulah dampak yang ditimbulkan dari penggunaan softlens bagi kesehatan mata. 
" Terus harus gimana dong?"
Gini ya guys, penggunaan softlens memang bisa mempercantik dan dapat digunakan sebagai pengganti kacamata yang lebih efisien. Jadi ya boleh boleh saja hukumnya asalkan hati hati juga ya guys, karena dalam penggunaan softlens yang keseringan dan kurang benar juga dapat menimbulkan macam gangguan mata seperti yang udah di bahas diatas. Sekian yang dapat saya sampaikan tentang 7 Efek Samping Softlens Bagi Kesehatan Mata. Semoga Bermanfaat Dan Terima Kasih 

0 Response to "Ini Dia! 7 Efek Samping Softlens Bagi Kesehatan Mata"

Posting Komentar

wdcfawqafwef