Simak! 6 Tips Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri

Simak! 6 Tips Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri - Pada dasarnya dalam kehidupan rumah tangga, setiap orang tentu mengharapkan anak anaknya bisa tumbuh untuk menjadi anak anak yang baik, karna akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para orang tua bila sang anak memiliki karakter atau sifat sifat yang positif dalam segala hal. 


Simak! 6 Tips Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri


Faktanya kebanyakan orang tua selalu melakukan segalanya demi kebahagiaan sang anak dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, namun ternyata hal seperti ini justru tidak selalu baik dalam proses mendidik anak. Karna bila sang anak dibiasakan hidup dengan penuh kenyamanan dan bahkan tidak pernah merasa sulit dalam kehidupannya cenderung akan menjadikan sang anak seseorang yang manja dan tidak bisa mandiri. Naaah, sebagai orang tua, tentunya kita wajib berhati hati dalam hal mengasuh anak pada masa perkembangannya karena setiap pendidikan yang dilakukan akan sangat berpengaruh bagi kehidupan sang anak dimasa depannya nanti. 

Dan berikut adalah beberapa tips bagaimana sih cara mendidik anak dengan baik agar tidak keras kepala, manja dan bisa menjadi mandiri.

1. Jangan selalu menuruti semua keinginan anak

Seberapa besarpun rasa cinta anda kepada anak anda, bila menuruti semua keinginannya tentu bukanlah cara mendidik anak yang benar. Karna tindakan tersebut hanya akan mebuat si anak menjadi manja dan selalu mengandalkan orang lain dan dampak kedepannya pun akan menjadikan sang anak tidak mandiri dan malas, karna selalu berpikir ada orang tua ini yang akan memberikan semua yang diinginkannya. Jadi bagi anda para orang tua biasakanlah anak anda untuk selalu berusaha mengerjakan tugas tugas mereka sendiri agar mereka dapat belajar bertanggung jawab, terlebih untuk diri mereka sendiri.

2. Jangan terlalu banyak dilarang

Pada masa pertumbuhan rasa keingin tahuan anak terhadap dunianya sering kali membuat mereka ingin mencoba melakukannya dengan leluasa. Tentunya ketakutan para orang tua yaitu bila hal hal yang buruk terjadi pada anak anda. Makanya dari itu guys, kebanyakan orang tua akan memberi larangan dan batasan terhadap suatu hal yang akan atau bisa membahayakan anaknya. 

Tetapi menurut beberapa penelitian larangan hanya akan membuat rasa penasaran bagi anak untuk melakukannya dan dapat menjadikan sang anak malah berbohong kepada orang tuanya. Dan komunikasi dua arahlah yang dapat menjadi solusi terbaik untuk mengingatkan sang anak dalam melarang anak untuk melakukan hal hal yang di ingin mereka lakukan. Cukup beri tahu saja mereka tentang resiko yang mungkin akan terjadi dan mintalah sang anak untuk selalu berhati hati.


3. Ajarkan anak untuk tidak berbohong

Jangan pernah sekali kali untuk memberikan contoh berbohong pada anak. Ajarkanlah mereka untuk selalu terbuka tentang keadaannya dalam hal apapun itu, apalagi dalam menyangkut perasaannya, ataupun kendala kendala yang sedang mereka hadapi.Jangan pernah juga untuk membiasakan anak anak tertutup tentang perasaan mereka terhadap anda. Karna dengan cara ini, anda telah mendidik anak anda untuk bertindak jujur dalam kehidupannya.


4. Jangan sekali kali menghukum dengan kekerasan fisik

Tak jarang juga para orang tua bila sedang merasa marah atau kesal terhadap ulah sang anak atau kelakuan sang anak yang buruk dan cara ampuh untuk membuat sang anak kapok adalah dengan hukuman fisik. Salah satu contoh tindakan fisik yang sering dilakukan orang tua adalah dengan cara memukulnya. Yaaa entah itu dengan menggunakan tangan, kaki, atau benda benda lain disekitar yang bisa digunakan untuk memukul anak anda. Tapi guys, hal tersebut justru sama sekali tidak dibenarkan. 

Jadi jika anda memiliki anak kecil dan bilamana mereka melakukan suatu kesalahan, anda bisa memberi tahunya dengan cara baik baik dan dengan bahasa yang mudah dimengerti juga oleh mereka tanpa memberikan hukuman fisik dan jika anda memiliki anak yang usianya sudah beranjak remaja atau sudah bisa mengerti keadaan, anda bisa menerapkan sistem disiplin kepada mereka. 

Karna kekerasan fisik juga hanya akan membuat jiwa sang anak terluka, bukan hanya fisik mereka saja yang terluka guys atau tubuh mereka yang terluka. Tetapi juga akan berdampak negatif pada pertumbuhan jasmani dan emosi mereka. Karna hukuman fisik dalam bentuk apapun hanyak akan membuatnya takut dan akan membuat sang anak semakin tidak menghormati anda, dan lebih parahnya akan menjadikan sang anak keras kepala dan menjadi berontak terhadap anda.


5. Kasih sayang dan perhatian

Pak/buuu ketahuilah kalo anak anak anda akan merasa sangat nyaman dan bahagia apabila anda bisa menunjukan kasih sayang dan perhatian pada saat anak anda memang membutuhkan hal itu. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun bisa juga membantu orang tua dalam mendidik sang anak. 

Tetapi perhatian disini tak harus selalu berbicara tentang bagaimana anda sebagai orang tua memberikan materi atau barang barang kesukaan anak, tetapi juga belajar, dan pada saat itulah anda bisa menunjukan perhatian dan kasih sayang anda dengan cara menemani mereka, yaaa walaupun hanya sekedar duduk disebelah mereka. Dan dengan demikian anak anda aklan lebih bersemangat dalam hal belajar atau apapun itu, dan apabila ada kesulitan anda juga dapat membantu untuk memecahkannya.


6. Berikan pendidikan agama yang kuat

Pemberian pendidikan agama yang kuat sejak dini wajib anda berikan agar sang anak tidak mudah terjerumus pada jalan yang kelam. Dan ada baiknya juga anda sebagai orang tua untuk mencari apakah sang anak terutama pada usia remaja sudah mendapatkan pendidikan seks dan narkoba yang cukup disekolahnya, serta berikan juga sang anak pendidikan tambahan tentang kedua hal tersebut dengan tepat oleh anda di rumah agar sang anak tidak penasaran ataupun tergoda untuk mencari sendiri informasi tentang kedua hal tersebut di tempat lain yang tidak tepat.


Menjadi orang tua adalah tugas dan tanggung jawab yang mulia. Makanya dari itu jadilah orang tua yang dapat menjadi panutan bagi sang anak dan juga dapat dibanggakan oleh anak Anda. Mulailah untuk mendidik anak Anda dengan baik, maka anak Anda pun akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga. 

Sekian tentang 6 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri. Semoga bermanfaat ya guys. Sampai berjumpa di artikel artikel saya yang lainnya, terima kasih.

0 Response to "Simak! 6 Tips Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja, Keras Kepala dan Dapat Mandiri "

Posting Komentar

wdcfawqafwef