Cara Cepat! Menghilangkan Bau Kaki Serta Pencegahannya

Cara Cepat! Menghilangkan Bau Kaki Serta Pencegahannya - Bagi setiap orang bau kaki adalah momok yang menakutkan, yaaa terlebih bagi para pekerja yang setiap harinya harus meeting dengan klien atau presentasi di hadapan orang banyak. Dan yang menjadi permasalahan serius lagi apabila bau kaki pada seseorang yang berprofesi sebagai pelayan restoran, bisa dibayangin lah bila wajah serius dari pembeli saat makanan dan minuman pesanannya telah sampai dengan selamat di mejanya.


Cara Cepat! Menghilangkan Bau Kaki Serta Pencegahannya




Tidak sedikit juga penyebab bau kaki tak sedap pada seseorang dan ada beberapa faktor juga yang memang sulit untuk ditebak. Yaaa tetapi secara umum, beberapa hal yang menyebabkan bau kaki menyengat adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat.

Contohnya dari kebiasaan kita sehari hari lah seperti sehabis memakai kaos kaki dan sepatu seharian tetapi anda tidak mencuci kaki anda menggunakan sabun antibakteri sehingga keringat masih menempel pada seluruh area kaki yang tertutupi dan ditambah lagi tercampur oleh bakteri, sadar atau gak sadar dari sinilah guys penyebab yang menjadi sumber masalah bau kaki.

Cara mencegah bau kaki

Seperti kata pepatah yang mengatakan kalo mencegah lebih baik daripada mengobati. Yaaa makanya dari itu pada kesempatan kali ini juga saya akan memberikan cara mencegah bau kaki

Karena bau kaki tidak akan tiba tiba muncul begitu saja apabila kita melakukan pola hidup bersih dan sehat. Dan berikut langkah langkah tepat yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau kaki :



  • Ketika memiliki sepatu baru, disarankan bagi anda untuk menaburi bubuk kopi terlebih dahulu kedalam sepatunya.
  • Sebelum dan sesudah memakai sepatu, selalu cuci kaki anda agar tetap bersih dari virus dan kuman
  • Rutin rutinlah untuk mencuci semua sepatu dan kaos kaki yang biasa anda gunakan untuk bekerja.
  • Jangan suka memakai sepatu atau kaos kaki yang masih basah, lembab, ataupun sudah tersiram air hujan.
  • Tetapi apabia sepatu dan kaos kaki anda sudah terlanjur diguyur hujan hingga basah kuyup. Lekas copot dan lap sepatu anda dengan menggunakan kain, lalu anda jemur sampai kering.
  • Simpanlah sepatu dan kaos kaki anda ditempat yang sejuk dan lembab, dan suhu ruangannya pun jangan terlalu panas juga ya guys.

Cara menghilangkan bau kaki

Tetapi guys apabila bau kaki itu sudah terlanjur hinggap pada kaki kita gimana tuh? Tentunya kita akan merasa gelisah dan resah dong ketika kita sedang berkumpul bersama teman apabila kaki kita memiliki bau yang tidak sedap. Naaah oleh karena itu segera atasi dengan cara menghilangkan bau kaki yang praktis dan efisien seperti : 

1. Gunakan Obat Kumur

Seperti yang anda ketahui fungsi dari obat kumur adalah untuk menyegarkan dan menghilangkan bau pada mulut akibat bakteri yang menempel pada gusi ataupun plak gigi. Tetapi ternyata guys, penggunaan obat kumur juga bisa untuk menjaga kaki agar tidak terlalu bau

"Kenapa sih bisa gitu?" 

Karna, ketika kaki terendam kandungan pada obat kumur akan bekerja sama untuk mengusir bakteri yang menyebabkan bau, yaaa sama halnya juga saat menyegarkan mulut. Caranya dengan merendamkan kaki pada air yang sudah dicampur dengan obat kumur sekali dalam sehari. Tetapi anda bisa juga dengan cara lain seperti menggosokan kaki menggunakan kapas yang sudah direndam obat kumur.


2. Pakai Sabun Jerawat

Pada faktanya bakteri adalah penyebab nomer satu timbulnya bau pada kaki. Yaaa makanya dari itu langkah sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mengusir bakteri bakteri pemicu bau kaki tersebut. Gunakanlah sabun jerawat dengan kandungan benzoil peroksida 10%, karena akan lebih efektif dalam memerangi bakteri

Senyawa yang terkandung dalam sabun tersebut akan bekerja secara perlahan untuk melepaskan oksigen aktfi yang memberikan efek baketriostatik dan sekaligus menimbulkan efek keratolitik dan mengeringkan sehingga membantuk proses pengobatan.


3. Gunakan deodorant

Pada umumnya deodorant digunakan pada ketiak, fungsinya sih untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada selipan ketiak. Dan ternyata guys, hal ini juga bisa digunakan untuk masalah bau kaki loh.

Jika anda memilih cara yang simpel ini sih, pastikan bahwa deodorant yang anda gunakan juga khusus digunakan untuk kaki saja. Dan hal yang paling penting jangan pernah anda menggunakan deodorant yang sama untuk mengoles ketiak anda karena bakteri dari kaki akan berpindah juga pada ketiak.


4. Gunakan kaos kaki yang berbahan dasar katun

Baju ataupun pakaian lain yang didesain dengan berbahan dasar katun akan menyerap keringat berlebih ada kulit.

Makanya dari itu guys bila anda hendak menggunakan sepatu, pastikan anda untuk memakai kaos kaki yang berbahan dasar katun atau wol. Jadi anda tidak perlu merasa rugi lagi karena uang lebih yang anda keluarka untuk membeli sepatu akan membantu memperlancar jalan anda.


5. Gunakanlah sepatu dan kaos kaki yang bersih secara continue

Tips yang satu ini memang wajib dilakukan oleh semua orang jika tidak ingin terserang masalah bau pada kaki. Bila anda sedang libur, sempatkan lah untuk mencucui sepatu dan kaos kaki yang akan anda gunakan esok hari ketika bekerja. Selain menimbulkan kesan baru pada sepatu, tentu saja hal ini juga menjadi penunjang penampilan anda guys.


6. Ganti sepatu dua kali dalam seminggu

Simple nya sih jika anda tidak ingin repot repot melakukan sejumlah perawatan untuk mengusir bau kaki, yaaa berarti anda juga harus siap untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mengoleksi sepatu.

Setiap minggu, gantilah sepatu yang sudah dipakai dua hari berturut turut. Teus cuci sepatu tersebut, lalu gunakan lagi untuk dua hari berikutnya. Hal ini sih dimaksudkan agar keringat yang membuat sepetu anda basah dan mengeluarkan bau dapa kering dan segar kembali karena telah dibersihkan.


7. Gunakan sabun anti bakteri

Seperti yang anda ketahui kan guys kalo banyak beredaar sabun anti bakterial yang bisa digunakan untuk membersihkan kaki dari sisa kotoran dan keringat yang menempel pada kaki. Dan anda pun bisa melakukannya dengan rutin apabila situasinya memang membtuhkan.


8. Tepung maizina

Ternyata guys, bau tak sedap yang terdapat pada kaki anda bisa dihilangkan dengan tepung maizina. Tetapi sebelum anda melumuri kaki anda, pastikan dulu kalo kaki anda benar benar dalam keadaan kering. Naaah jika sudah, barulah anda bisa membalurkan tepung maizena ke seluruh permukaan kaki. Jangan lupa juga ya guys untuk selalu menerapkan hal yang sama pada sela sela jari kaki anda.

9. Rendaman air teh

Anda bisa menggunakan rendaman air teh untuk menghilangkan bau pada kaki anda. Hal ini dikarenakan perawatan ini sangat efektif untuk mengurangi bau yang keluar dalam waktu singkat, tetapi ada juga jenis kulit tertentu yang hilang dalam jangka panjang. Caranya anda tinggal rendam kaki pada air teh ini.


10. Rendaman air perasan jeruk lemon 

Nah kalo ini cara menghilangkan bau kaki dengan cara alami guys, yaitu dengan perasan lemon atau jeruk nipis.

Caranya anda tinggal menyiapkan baskon yang telah berisi air, kemudian pera jeruk lemon atau jeruk nipis tersebut. Aduk sebentar, setelah itu rendamkan kaki anda selama 15-25 menit. Lakukanlah tips perawatan kaki ini yaaa kira kira 2-3 kali sehari lah, dan manfaatnya akan anda rasakan dalam waktu dekat.


11. Rendaman air yang tercampur baking soda

Bila sesudah mengenakan kaos kaki dan sepatu, sempatkanlah waktu anda untuk melakukan perawatan kaki, cobalah untuk merendam kaki sejenak pada ar yang telah tercampur oleh baking soda.

Perlu anda ketahui guys bahwa fungsi dari baking soda bukan untuk mengurangi kadar keringat, tetapi untuk meminimalisir jumlah bakteri yang menyebabkan bau yang telah dihasilkan oleh kaki. Tetapi apabila waktu anda kurang, cucilah kaki anda menggunakan air dan baking soda yang juga cukup efektif untuk mengurangi bau yang keluar. Jadi intinya, baking soda dapat dimanfaatkan untuk menyerap bau yang tidak disukai oleh indra penciuman kita.


12. Gunakanlah antiperspirant 

Sebelumnya anda tau gak sih apa itu antiperspirant? Antiperspirant adalah bahan kosmetik yang berbentuk krim seperti layaknya dipakai untuk membersihkan wajah, tetapi bisa juga difungsikan khusus untuk penggunaan pada kaki anda loh guys.

Antiperspirant ini tinggal anda oleskan pada telapak kaki yang gunanya untuk mengurangi keluarnya keringat karena pori pori akan dipersempit dan juga saluran yang menuju kelenjar keringat akan dihentikan oleh krim ini. Karna dengan begitu aktifitas yang akan anda kerjakan dalam waktu lama tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan kaki, jadi intinya bau kaki akan sulit menghinggapi orang orang yang rutin dalam menggunakan antiperspirant sebelum anda mengenakan kaos kaki dan sepatu.


13. Beri asupan suplemen Zin dan Magnesium

Tahu gak sih guys apabila tubuh anda mengalami difisiensi mineral berupa Zinc dan Magnesium dapat menyebabkan berbaga gejala yang mungkin membuat anda tercengang?

Gini ya guys, ketika tubuh anda kekurangan kedua nutrisi tersebut maka akan terjadi peningkatan pada seluruh area tubuh seperti yang dipaparkan oleh para peneliti di Columbia University. Dan para ilmuan di Columbia University juga telah sepakat kalo kita menambah asupan seng dan magnesium sehari hari daat mengurangi keluarnya keringat.

Kalo anda ingin mendapatkan Zinc, anda bisa mengomsumsi makanan makanan seperti daging sapi, yoghurt, biji labu, dan ikan salmon. Dan apabila anda ingin mencukupi kebutuhan gizi berupa magnesium, anda bisa mendapatkannya dengan mudah guys seperti pada beras merah, kacang hitam, dan kacang almond. Tapi sebelum anda melakukannya, pastiin dulu yah udah dapet saran dari dokter atau belum.


14. Taburi kaki dengan kopi hitam 

Yaaa seperti anda ketahui lah guys kalo sepatu futsal atau olahraga itu pasti sangat rentan dengan bau bau yang menyengat, oleh karena itu banyak orang yang menyarankan kita untuk menghilangkan bau sepatunya dengan menaburi kopi hitam

Dan cara yang sama juga bisa anda terapkan untuk mengatasi sekaligus mencegah bau kaki anda. Langsung saja taburi kopi hitam bubuk pada kaki anda secara merata dan dalam 15-20 menit, lalu bersihkan kopi bubuk itu ya guys.


15. Perhatikan kondisi kuku anda

Mungkin tanpa disuruh pun anda akan selalu memotong kuku kuku ana apabila mulai panjang, itu tuh penting banget loh guys. Hal ini dikarenakan dibawah kuku kaki anda terdapat banyak kotoran yang akan memudahkan para bakteri untuk berkembang biak.

Contohnya kotoran yang tertampung pada kuku sudah pasti akan ikut jatuh juga saat ujung kuku anda dipotong. Supaya tidak sakit, jangan terlalu dalam dalam aja ya guys mengguntingnya karena bisa saja terkena daging pada kaki. Dan saat menggunting kuku anda juga harus berhati hati agar tidak menimbulkan bekas luka.


16. Selipkan tisu kedalam sepatu

Emang sih guys cara ini agak sedikit aneh dan merepotkan, tetapi cara ini juga cukup efektif untuk menghilangkan bau pada kaki anda. Caranya anda tinggal memasukan selembar tisu pada sepatu anda.

Karna selain dapat menyerap bau busuk yang dikeluarkan oleh keringat dan sepatu guys, fungsi lain dari tisu ini adalah menjaga sepatu anda agar tetap fresh dan berbau segar.



Naaah kalo udah mengetahui cara menghilangkan bau kaki sekaligus pencegahannya, anda sudah gak perlu gelisah lagi deh kalo sedang menghadapi masalah bau kaki tersebut. Sekian tentang Cara Menghilangkan Bau Kaki semoga bermanfaat ya guys, sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih.

0 Response to "Cara Cepat! Menghilangkan Bau Kaki Serta Pencegahannya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef