Mari Mengungkap! Tentang Mitos Penyakit Mata Merah Yang Bisa Menular Lewat Saling Pandang

Mari Mengungkap! Tentang Mitos Penyakit Mata Merah Yang Bisa Menular Lewat Saling Pandang - Dalam istilah medis mata merah sering disebut dengan konjungtivis adalah suatu kemerahan yang disebabkan oleh pembengkakan konjungtiva, yaitu selaput lendir yang melapisi kelopak mata anda dan juga permukaan mata. Biasanya sih penyakit mata merah ini tidak terlaluu serius karna biasanya juga akan hilang dalam 7 harian atau paling lama juga 10 hari dan itupun tanpa perawatan medis.

Mari Mengungkap! Tentang Mitos Penyakit Mata Merah Yang Bisa Menular Lewat Saling Pandang


Banyak hal yang dapat menyebabkan penyakit mata seperti infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Selain dari virus atau bakteri, bisajuga disebabkan oleh mata yang kering karenan kekurangan air mata makanya kita kalo habis nangis mata kita suka kelihatan merah nah seperti itu contohnya atau bisa juga karena cahaya sinar matahari. Konjungtivis juga disebabkan oleh bahan bahan kimia atau asap dan alergi. Makanya dari itu virus dan bakteri konjungivis dapat menular dengan sangat mudah.

Tak sedikit orang yang meyakini bahwa konjungtivis atau sakit mata merah ini bisa ditularkan melalui tatapan langsung dengan orang yang sedang menderita sakit mata. Mungkin mereka beranggapan bahwa mikor-organisme yang menyebabkan konjungtivis seperti bakteri dan virus bisa menular melalui udara.


Faktanya kuman tidak berjalan atau menyalur melalui cahaya atau udara dari satu orang ke orang lainnya dan konjungtivis juga biasanya menular melalui kontak langsung dengan virus. Ujar Richard G. Shugarman yang merupakan seorang dokter mata seperti dilansir dari geteyesmart.org

Shugarman juga mencontohkan penularan virus melalui gagang pintu. Seperti misalkan seseorang yang mengalami konjungtivis menggosok matanya dan kemudian memegan gagang pintu. Gagang pintu yang disentuhnya tersebut kemudian disentuh oleh orang lain yang kemudian tanpa sengaja menyentuh mata atau menggosok matanya tersebut. Dan akhirnya justru hal inilah yang dapat menjadi salah satu cara penularan konjungtivis.

Hal ini membuktikan bahwa tatapan langsung daengan orang yang mengalami sakit mata atau mata merah alias konjungtivis itu tidak mampu menularkan virusnya. Virus hanya dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang mengalami konjungtivis.

Jadi bisa disimpulkan bahwa penyebab utama penularan seringkali bisa disebabkan oleh keteledoran kita yang jarang mencuci tangan setelah kita berada ditempat tempat umum atau bersentuhan dengan barang yang ada ditempat umum. Selain itu ketika kita menggunakan handung atau kain lap bersama juga kita bisa menjadi media penularan konjungtivis.

0 Response to "Mari Mengungkap! Tentang Mitos Penyakit Mata Merah Yang Bisa Menular Lewat Saling Pandang"

Posting Komentar

wdcfawqafwef