Waspadai! 16 Ciri & Gejala Awal Kanker Otak

Waspadai! 16 Ciri & Gejala  Awal Kanker Otak  - Seperti yang anda tahu guys kalo kanker otak merupakan salah satu tumor ganas yang meneyerang di bagian otak, dan lebih parahnya lagi ciri ciri dan gejala kanker otak tidak begitu diketahui pada awal pertumbuhannya. Dan terlepas dari itu semua, tentu pengetahuan mengenai ciri ciri yang menjadi tanda bila anda mengidap kanker otak wajib anda ketahui  lebih awal guys.


Waspadai! 16 Ciri & Gejala Awal Kanker Otak


Karna di sebuah studi yang dilakukan di Department Oncology, BSSMMU, dan Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University, sebuat universitas ternama di Bangladesh menemukan bahwa terdapat 16 Ciri ciri kanker otak yang wajib anda waspadai loh guys. "Lumayan banyak kan?". Studi ini telah melakukan pada 50 penderita dengan rentang umur 2-60 tahun. Okey biar ga penasaran, kita langsung aja ya guys : 




1. Sakit Kepala

Dan sakit kepala menjadi gejala yang pertama nih guys. Sakit kepala merupakan ciri ciri kanker otak yang paling umum, karna sebanyak 38% orang dari 50 responden atau sekitar 76% mengalami gejala yang satu ini guys. Tapi anda gausah khawatir dulu guys karna sakit kepala bukan disebabkan oleh kanker otak, bisa juga kan kalo sakitnya disebabkan oleh sakit kepala pada umumnya.

" Mau tau guys ciri ciri sakit kepala kanker otak kaya gimana?
Di kutip dari cnn, Dr. Santiago Medina, co-director Department Radiology divisi Neuradiology di Rumah Sakit Anak Miami mengatakan bahwa ada 400 anak anak yang menderita sakit kepala dan satu diantarnya menderita kanker otak. "Terus gimana ciri ciri sakit kepala jenis ini?

  • Sakit kepala ini baru bagi anda. Misalnya anda belum atau bisa dibilang jarang terkena sakit kepala namun tiba tiba belakangan ini anda sering merasakan penyakit ini. Selai itu juga guys, kalo sakit kepala yang anda rasakan berbeda dengan yang biasanya dirasakan, waspadalah guys, mungkin ini salah satu tandanya.
  • Sakit kepala terasa ketika mulai bangun di pagi hari. Bila sakit kepala yang terjadi ketika anda bangun tidur pagi hari dibarengi dengan mual dan muntah muntah, tetapi kembali membaik di siang hari adalah salah satu jenis dan karakteristik dari penyakit tumor otak ganas.
  • Sakit Kepala yang ditandai gela lain. Sakit kepala karena tumor memang sangat jarang berdiri sendiri, ia bianya diikuti oleh gejala lain seperti mual, muntah, dan pusing *tapi bukan pusing pala berbie ya guys hehe. Gak jarang juga kalo gejala lain yang lebih ekstrim seperti kejang kejang, sesulitan berbicara, dan masalah penglihatan diiringi sakit kepala karena kanker otak.
  • Sakit kepala yang semakin menjadi jadi. Ini nih guys yang ga kalah serem, karna sakit kepala yang menjadi kanker otak akan terus menjadi jadi seiring berjalannya waktu, hari demi hari, minggu demi minggu, dan bulan demi bulan. Untuk urusan kali ini sebaiknya anda memeriksakan masalah tersebut secepatnya ke dokter yang dibidangnya.


2. Perubahan Mental

Dari sebanyak 32 dari 50 peserta pengidap kanker/tumor otak yang telah diteliti mengalami perubahan mental secara drastis setelah mengidap kanker yang satu ini loh guys. Karena eh karen hal ini disebabkan oleh tumor yang menyebabkan fungsi otak tidak berjalan normal yang dampaknya mengimbas pada kesehatan mental
.
Lalu hal apa saja yang menjadi ciri ciri perubahan mental ini?"
  • Gangguan konsentrasi
  • Perubahan Kepribadian dan perilaku
  • Kehilangan memori
  • Peningkatan intensitas tidur

Kalo anda sudah mengalami perubahan mental drastis dan diiringi ileh beberapa tanda berbahaya lainnya, sudah menjadi keharusan bagi anda untuk melakukan tes pemerikasaan ke dokter.


3. Demam

Mungkin sebagian orang tak menyangka kalo demam juga bisa menjadi gejala kanker yang sangat mematikan. Penyakit penyakit umum seperti ini memang cukup berbahaya jika di kati katikan pada kanker otak. Sedikitnya ada 6% responden yang mengalami demam sebagai salah satu gejala yang ditimbulkan akibat kanker otak.


4.Vertigo atau Pusing 

Vertigo atau pusing yang terjadi di kepala ada sedikitnya 2 dari 50 responden yang diteliti , namun ternyata pusing ini menjadi salah satu ciri ciri yang cukup berbahaya walau sebetulnya telihat sepele. Penderita vertigo ini akan merasakan berputas=r, melayang atau serasa bergerak, dunia serasa berputar padahal dalam keadaan istirahat.


5. Ketidaksadaran

Ketidak sadaran memang dialami setidaknya 14 % atau 7 dari 50 penderita tumor otak, gejala ini merupakan efek lanjut atau kronis dari tumor otak juka telah mencapai stadium lanjuuuut. Tumor yang menjalar di otak juka dibiarkan semakin besar akan membuat anda kehilangan kesadaran, pelu[a, dan ketidak ketahuan mengenai lingkungan dan kejadian sekitar.



6. Gangguan Kesadaran

Masih ada kaitannya juga dengan yang diatas, gangguan kesadaran ini merupakan efek sebelum terjadinya ketidak sdaran, sedikitnya ada 3 orang atau 6% yang mengalami gangguan kesadaran ini. Apa saja sih indikasi kesadaran yang dimaksud :
  • Sering terkejut
  • Keseringan bengong
  • Sering lupa juga dengan apa yang dilakukan

7. Demensia

Guys, penelitian ini memang menjadi salah satu yang cukup mengejutkan dimana demensia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan kelainan pada otak. Yaaa setidaknya ada 14% atau 7 dari 50 orang yang menderita tumor mengalami gejala ini.


8. Gangguan Pada Penglihatan

Penting anda ketahui guys bahwa sebanyak 23 dari 50 peserta penelitian yang mengidap tumor otak mengalami gangguan penglihatan, yang artinya ada 46% dari penderita kanker otak juga mengalami hal ini. Penasaran apa saja gangguan penglihatan yang bisa kita katakan sebagai ciri ciri kanker otak? 
  • Penglihatan kabur entah kemana
  • Hanya mampu melihat lurus kedepan
  • Melihat lampu seakan berkedip
  • Kehilangan teks ketika sedang membaca
  • Gangguan mata lainnya yang gak lazim anda alami

Ini semua bisa terjadi. Dikarenakan ganguan penglihatan oleh adanya saraf mata yang terganggu karena tumor otak. Yaaa hal ini juga tergantung lokasi dari kanker otak tersebut juga ya guys.


9. Mengalami Kebutaan 

Perlu anda ketahui guys, bahwa 10 responden dari 50 mengalami kebutaan ketika menglami kanker otak, dan setidaknya ada 20 % dari mereka yang mengalami ciri ciri ini. Kebutaan juga merupakan ciri ciri kanker otak stadium lanjut ketika sebagian besar tumor talah merambat hingga mengganggu pada bagian mata.


10. Muntah muntah

Kembali kepada penelitian yang dilakukan oleh BSMMU mendapati 20 dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala muntah (yaaa sekitar 52% lah guys). Dan karakteristik muntah yang menjurus pada kanker otak terjadi pada pagi hari tanpa adanya mual terlebuh dahulu jika diikuti tanda lainnya seperti sakit kepala. Tetapi sama halnya seperti gejala pada sakit kepala, baik muntah dan sakit kepala merupakan dua penyakit sangat umum sehingga sangat membedakannya.Tetapi ketelitian anda dalam mencermati berbagai jenis muntah yang anda alami sangat penting untuk mengetahui penyakit yang anda alami, seperti halnya berikut ini : 
Ciri ciri Muntah Karena Kanker Otak
  • Terjadi secara tiba tiba tanpa penyakit tertentu sebelumnya.
  • Cairan yang dikeluarkan tidak nomal atau berwarna agk hijau.
  • Terjadi bersaam dengan sakit kepala.

11. Kejang Kejang

Seperti yang anda ketahui bahwa cukup banyak yang mengalami kejang kejang ketika terkena kanker otak. Setidaknya ada 21 dari 50 peserta mengalami hal ini (36%). Kejang kejang ini disebabkan karena aktifitas motorik pada otak yang tidak normal. Berikut beberapa ciri kejang kajang yang menderita kanker otak:
  • Serangan mendadak atau tanpa tanda
  • Diikuti kehilangan kesadaran pada tubuh dan kontraksi otot
  • Kehilangan kontrok fungsi pada tubuh 
  • Menggigit lidah
  • Tak bisa bernafas dalam jangka pendek (30 detik) dan menjadi biru kehitaman
  • Durasi kejang berkisar antar 2-3 menit.
  • Efek setelah kejang akan merasa kantuk, sakit kepala, kebingungan, sakit otot, kelemahan singkat, atau mati rasa.

12. Kesulitan untuk bergerak

Guys, 21 dari 50 penderita kanker otak yang diteliti ternyatan mengalami keslitan dalam bergerak, dan artinya 42% terjadi pada penderita kanker otak. Tumor yang bersarang pada otak tentu akan sangat membatasi fungsi otak normal manusia, salah satunya adalah sebagai penggerak tubuh. Contohnya bagaimana? Bila seseorang yang mengidap tumor diotaknya akan mengalmi kesulitan dalam bergerak di salah satu sisi tubuhnya seperti :
  • Sulit berkoordinasi atau bersandar di dinding ketika berjalan.
  • Ketika berjalan sering tersandung di dinging ketika berjalan
  • Berjalan tidak seimbang atau kehilangan keseimbangan.

13. Kehilangan sensasi 

Hal ini disebabkan sebanyak 4% responden mengalami kehilangan sessai, namun hilangnya sensasi dikaitkan erat dengan perkembangan fungsi otak yang terganggu oleh tumor. Ini dikarenakan otak tidak dapat berfungsi normal yang menyebabkan pikiran hanya flat saja seiring dengan menurunnya kemapuan kognitif.


14.Kehilangan Libido

Kanker otak yang satu ini terjadi pada para pria loh guys , memang sampai saat ini belum ada penelitian terkait yang menghubungkan antara libido dan mengapa berpengaruh pada penderita tumor otak. Namun banyak juga yang mengaitkan bahwa otak adalah pusat segalanya sehingga sangat berpengaruh bagi berbagai bagian dan fungsi tubuh. Yaaa setidaknya ada 2% dari penderita kanker otak yang mengalami hal ini.


15. Anorexia atau Kehilangan Nafsu Makan

Anorexia ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan kehilangan nafsu makan, karna ada sekitar 4% penderita tumor otak yang mengalami hal ini. Untuk saat ini belum banyak penelitian yang mengaitkan anorexia yang terjadi pada saat mengidap tumor otak.


16.Penurunan Berat Badan

Dan ciri atau gejala yang terakhir adalah penurunan berat badan. Dan penurunan berat badan juga dialami sekitar 6% dari ara penderita kanker otak. Memang masih belum banyak yang dijelaskan secara mendetailmengenai penyebabnya. Namun hal ini disinyalir karena kemampuan kognitif dan aktifitas yang sudah tidak normal lagi sehinggga sangat mempengaruhi pada metabolisme tubuh secara keseluruhan yang berdampak pada penurunan berat badan.


Karna pada dasarnya guys untuk menjaga kesehatan otak tidaklah sulit, yaitu hanya dengan sering mengkomsumsi air putih minimal delapan gelas sehari, mengkomsumsi makanan yang kaya akan omega seperti telur dan ikan, serta hindari pemakaian barang barang haram seperti narkoba dan minuman keras, karna selain haram juga sangat membahayakan bagi kesehatan kita. Sekian tentang 16 Ciri & Gejala Awal Kanker Otak

0 Response to "Waspadai! 16 Ciri & Gejala Awal Kanker Otak "

Posting Komentar

wdcfawqafwef